Festival Budaya IMT Ciputat

Festival Budaya Pesisir Tegal yang digelar selama dua hari (21-22/2) oleh Ikatan Mahasiswa Tegal (IMT) Ciputat, mendapat respons yang cukup baik dari kalangan pelajar SMA, kemarin. Mereka bersemangat untuk menampilkan budaya lokal Tegal dalam bentuk tari, puisi, dan teater.

Tak sekadar menampilkan puisi dan tari khas Tegal, festival itu juga menampilkan kisah-kisah Babad Tegal yang dibawakan cukup menarik dalam bentuk teater. Kisah tentang pendiri tlatah Tegal, Ki Gede Sebayu, dipentaskan dalam bentuk teatrikal cukup bagus. Demikian juga kultur budaya semacam moci bareng, lesehan, dan semangat gotong royong (kerigan bareng).

Ya, kendati masih duduk di bangku SMA, mereka sudah bisa berakting ataupun menguasai panggung. Antusiasme peserta juga diakui oleh Ketua IMT Ciputat Fakhrur Al Izza.

Beragam Seni

Menurut dia, ada 37 peserta baik perorangan maupun grup, dari pelajar SMA dari Kabupaten dan Kota Tegal. Mereka menampilkan beragam seni, di antaranya tari kuntulan, tari topeng endhel, dan gebrak maritim yang dipentaskan oleh pelajar asal Kota Tegal.

”Pada Sabtu (21/2) ada 22 peserta khusus untuk puisi dan 15 grup pentas teater dan tari,” kata Fakhrur.

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut panitia ingin membangkitkan sekaligus nguriuri budaya lokal Tegal. ”Festival kali ini memang khusus untuk mengangkat budaya Tegal, baik dari Kota maupun Kabupaten Tegal.”

Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Tegal (DKKT) M Sholeh Yusuf menambahkan, kegiatan yang digelar oleh IMT Ciputat mendukung apa yang menjadi prioritas Dewan Kesenian Tegal agar budaya tradisional seperti sejarah lokal, seni tari yang berada di pinggiran yang selama ini belum tergali bisa dioptimalkan dan masih dicintai rakyat Tegal._DSC0038 (FILEminimizer)

About IMT ( Ikatan Mahasiswa Tegal ) Ciputat

Organisasi independen mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa asal Tegal dan ada keterkaitan dengan Tegal yang menimba ilmu di daaerah ciputat dan sekitarnya agar menjadi wadah persatuan dan pengembangan dalam memajukan skill dan knowledge masing-masing mahasiswa sehingga menjadi pribadi yang bermanfaat baik untuk diri sendiri dan masyarakat Tegal sekitarnya.

Posted on 1 Maret 2015, in Tak Berkategori and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: