Tiga Bahan Pokok dalam Berbisnis

 

Takut akan kegagalan seharusnya tidak menjadi alasan untuk tidak mencoba sesuatu. Dalam berbisnis tidaklah memandang factor usia. Yang terpenting dalam berbisnis ada tiga hal yang mendasar harus dimiliki yaitu ilmu pengetahuan, kemampuan, dan keberanian.

 

Ilmu pengetahuan, untuk memulai berbisnis seharusnya menguasai bidang usaha yang digelutinya. Misalkan seseorang berbisnis kelapa, berarti menguasai tentang kelapa. Mulai dari jenis kelapa hingga alat pendukungnya. Untuk bias menguasainya, banyak cara yang dapat dilakukan baik dengan referensi buku maupun menjadi karyawan dari bisnis yang akan ditekuninya.

 

Skill atau kemampuan. Setaip pengusaha harus memiliki “kemampuan”. Mampu dalam hal apa? Ya apa saja. Misalkan pengusaha dituntut mampu internal dan mampu ekternal. Mampu internal diantaranya, mampu memotivasi karyawannya, mampu menjadikan karyawan bukan oekerja tetapi sebagai mitra, dan banyak hal lainnya. Mampu ekternal yaitu mampu membaca situasi pasar, mampu menciptakan lapangan pekerjaan,dan lain-lain. Yang terpenting mampu dalam mengelola bisnis yang dibangunnya.

 

Keberanian. Sifat yang satu ini sangatlah mudah diucapkan namun sulit untuk laksanakan. Keberanian dalam artian berani untuk memulai usaha. Dimulai dari keberanian menjadi kebiasaan. Karena untuk dapat berjalan  1000 langkah maka haruslah dimulai dari langkah yang pertama.

 

Tiga dasar inilah modal awal untuk membangun kerajaan bisnis. Janganlah takut berbisnis dengan kerugian. Karena dengan kerugianlah kita menjadi orang yang berpikir maju.

 

ditulis oleh ali syafrudin

Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta

About IMT ( Ikatan Mahasiswa Tegal ) Ciputat

Organisasi independen mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa asal Tegal dan ada keterkaitan dengan Tegal yang menimba ilmu di daaerah ciputat dan sekitarnya agar menjadi wadah persatuan dan pengembangan dalam memajukan skill dan knowledge masing-masing mahasiswa sehingga menjadi pribadi yang bermanfaat baik untuk diri sendiri dan masyarakat Tegal sekitarnya.

Posted on 6 Oktober 2011, in Tak Berkategori. Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. artikel yg sangat bagus…. siiippp… maju terus

  2. bagus, bisa jadi motivasi bagi yang mau jadi entrepreneur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: