Bedah Film IP Man 2 “ The Legend Of The Grandmaster”

Yip Man

Ip Man (Yip Man) adalah seorang legendaris kungfu yang beraliran Wing Chun. Dia telah mempelajari Wing Chun sejak umur 13 tahun. Menurut Wikipedia, Yip Man adalah Master Kungfu (Sifu) pertama yang mengajari Wing Chun secara terbuka untuk umum.
Yip Man lahir di Foshan tahun 1893 dari keluarga pedagang yang kaya, di umurnya yang ke-13 Yip belajar Wing Chun dari Chan Wah-Shun dan di teruskan oleh Ng Chung-sok sesuai pesan Chan sebelum meninggal.
Umur 16, Yip meneruskan studinya di St. Stephen’s College, Hongkong, dimana sekolah tersebut diperuntukan orang-orang kaya dan orang asing di Hongkong.
Di sekolah ini Yip mulai dikenal sejak mengalahkan murip senior dengan beberapa gerakan kecil saja. Di umurnya ke-24 Yip kembali ke Foshan, dengan ilmu Wing Chunnya yang maju pesat, Yip tidak mendirikan sekolah ataupun perguruan disana, hanya mengajarkan kepada beberapa murid dan relasinya saja. Di masa kependudukan Jepang di China, Yip selalu menolak semua ajakan pemerintah Jepang agar Yip mau mengajari pasukan jepang bela diri.

Yip lalu kembali ke Hongkong dan mendirikan sebuah perguruan bela diri, Hampir semua bekas murid Yip menjadi orang terkenal, berhasil mendirikan perguruannya sendiri, menjadi pengatur bela diri dalam sebuah film atau bahkan bintang laganya sendiri, dan yang paling terkenal dari murid-murid Yip adalah Lee Xiao Long atau Bruce Lee.

Yip Man & Bruce Lee
2 Desember 1972, Yip meninggal di karenakan kanker, tetapi hasil ilmu bela diri yang di ajarkannya, Wing Chung telah menyebar ke segala penjuru dunia.

Cerita Film

 

Kemenangan partai komunis China membuat Ip Man (Donnie Yen) terpaksa harus meninggalkan keluarganya dan pindah ke Hong Kong. Master bela diri Wing Chun berhasil mendarat dengan selamat di negeri koloni Inggris ini sekitar tahun 1949. Setibanya di Hong Kong, Ip Man masih harus mencari cara untuk bisa bertahan hidup di negeri baru ini. Satu-satunya cara adalah dengan mendirikan perguruan Wing Chun.
Sayangnya ini juga bukan usaha yang mudah. Wing Chun bukanlah bela diri yang umum di Hong Kong. Meski sudah mendapat pertolongan dari seorang teman yang mengizinkan tempatnya dipakai sebagai tempat latihan namun tetap saja Ip Man tak bisa mendatangkan murid. Nasib Ip Man berubah ketika ia bertemu Wong Leung (Huang Xiaoming). Wong yang awalnya menantang Ip Man untuk adu ilmu malah akhirnya jadi murid Ip Man.

Masalah belum selesai sampai di sini. Ternyata untuk membuka perguruan bela diri di Hong Kong ada syarat yang harus dipenuhi oleh Ip Man. Ip Man harus meladeni tantangan dari para pendekar Kung Fu di Hong Kong sebelum dianggap layak mengajar Kung Fu. Salah satu pendekar Kung Fu yang harus dihadapi oleh Ip Man adalah Hung Gar (Sammo Hung) yang ternyata punya ilmu yang sama hebatnya dengan Ip Man. Ia mengetahui bahwa sekolah bela diri yang beroperasi disana telah melenceng dari arti ilmu bela diri sesungguhnya. malahan menjadi ajaran yang justru mengancam kedamaian orang-orang di sekelilingnya. Untuk memperbaiki itu, ia tetap ingin membuka sekolah sendiri, tidak hanya melatih bela diri, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai keadilan.

Setelah masalah selesai, Ip Man masih harus dihadapkan pada penindasan pemerintahan Inggris yang berkuasa di Hong Kong saat itu. Lagi-lagi Ip Man harus menggunakan ilmu bela dirinya untuk melayani Twister (Darren Shahlavi), petinju Inggris yang ganas.

Sebagai sebuah sekuel, IP MAN 2 ini masih tak jauh dari ‘jiwa’ dari film pertama. Tema yang diangkat pun masih tetap soal nasionalisme melawan penindasan. Kalau di bagian pertama Ip Man harus berhadapan dengan pemerintah Jepang yang menginvasi China, kali ini Ip Man harus berhadapan dengan pemerintah Inggris yang diwakili oleh sosok petinju bernama Twister ini.

IP Man bertarung dengan Twister dengan hampir mengalami kekalahan karena saat Ip man akan menang juri tidak memperbolehkan menggunakan kaki dalam pertarungan.Tapi dengan semangat IP Man yang tidak ingin Bangsa dan bela diri China di lecehkan oleh bangsa asing,Ip Man pun bertarung sampai memperoleh kemenangan.Kalimat yang sangat bagus ketika IP Man memenangkan pertandingan adalah “Aku datang kemari bukan untuk membuktikan siapa yg lebih hebat,Apakah itu kungfu cina atau tinju barat,Aku hanya ingin membuktikan,Biarpun setiap orang mempunyai status yang berbeda-beda,Tapi pada dasarnya kita semua adalah sama,Harga diri dan kehormatan setiap orang berada pada tingkat yang sama,Aku berharap dimasa mendatang,Tidak ada yang saling merendahkan.Kita harus saling menghormati

satu sama lainnya.

Nilai dari Film IP Man

Positif

  1. Semangat Nasionalisme untuk tidak dijajah oleh orang asing akan menuai hasil jika kita bersatu.
  2. Semangat Nasionalisme memunculkan jiwa untuk memelihara budaya kita untuk tidak dijajah oleh asing
  3. Karakter tokoh utama yang selalu bersabar dan menerima keadaan dalam menghadapi masalah dapat menjadikan kita contoh yang baik.
  4. Harga diri dan kehormatan setiap orang berada pada tingkat yang sama dan kita harus saling menghormati satu sama lainnya.

Negatif

  1. Mencari keuntungan untuk diri sendiri atau memperkaya diri dengan cara mengambil pungli dari orang lain membuat hancur mentalitas seseorang dan bangsa.
  2. Kesombongan seseorang dapat menghancurkan diri sendiri

Cast

Donnie Yen                             Ip Man

Lynn Hung                              Zhang Yong Cheng

Simon Yam                             Zhou Qing Quan

Sammo Hung Kam-Bo           Master Hong Zhen Nan

Xiaoming Huang                     Wong Shun Leung

Siu-Wong Fan                         Jin Shan Zhao

Kent Cheng                             Fatso

Darren Shahlavi                      Twister

Director             : WilsonYip

Writer                  : EdmondWong

Kajian IMT Ciputat 4 April 2011 Bedah Film IP Man 2 “ The Legend Of The Grandmaster” dengan subtitle bahasa Tegal

Narasumber : Mokhammad Dina

ditulis oleh mokhammad dina

About IMT ( Ikatan Mahasiswa Tegal ) Ciputat

Organisasi independen mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa asal Tegal dan ada keterkaitan dengan Tegal yang menimba ilmu di daaerah ciputat dan sekitarnya agar menjadi wadah persatuan dan pengembangan dalam memajukan skill dan knowledge masing-masing mahasiswa sehingga menjadi pribadi yang bermanfaat baik untuk diri sendiri dan masyarakat Tegal sekitarnya.

Posted on 24 April 2011, in Ikatan Mahasiswa Tegal. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: