DPT-ne ora nggennah….

Sebelum pemilu pun semua tau bahwa Daftar Pemilih Tetap (DPT) masih ‘amburadul’. Banyak daftar pemilih fiktif, pemilih ganda, anak dibawah umur dan warga yang telah meninggal dunia namun terdaftar dalam DPT, juga beberapa anggota POLRI-TNI yang masuk dalam deretan DPT.

Menanggapi kesemrawutan tersebut, berbagai kalangan mengingatkan KPU agar pemilu diundur. namun KPU tetap melenggang optinis memaksakan pelaksanaan pemilu yang sejatinya belum siap, baik logistik maupun DPTnya. DPT yang dipakai dalam pelilihan legislatif 9 april lalu merupakan DPT yang dipakai dalam pilkada kemarin, makanya banyak juga warga yang telah meninggal atau warga yang telah pindah namun terdaftar dalam DPT suatu wilayah. KPU memang telah berusaha melakukan verifikasi dan revisi, namun tampaknya hasil yang didapat tidak maksimal. alhasil, terjadilah berbagai kesemrawutan yang menandakan kementahan demokrasi Indonesia.

Sedikit ber-negative thinking: adanya himbauan dari berbagai kalangan agar pemilu diundur demi keakuratan dan ke-abshahan DPT namun tidak di-indahkan KPU hingga diadakan pelilu dengan DPT yang morat-marit, merupakan usaha yang dilakukan KPU untuk menjaga reputasi KPU (setelah pergantian anggota KPU yang baru). mereka tidak menghendaki adanya penilaian negatif bahwa kualitas kinerja KPU sekarang mengalami kemunduran dibandingkan KPU sebelumnya. NAMUN apapun alasanya, haruskah pemilu yang masih mentah itu “dipaksa siap” demi reputasi KPU yang pada akhirnya menimbulkan permasalahan yang kompleks pasca pemilu???

sempat terdengar di media massa bahwa beberapa partai besar, seperti PDIP dan Gerindra, akan melakukan penyelidikan terhadap permasalahan DPT. disini saya akan memberikan dua tanggapan yang kontras. pertama, dengan jujur saya katakan ‘Bodoh!!!’ kepada mereka. kalau memang niat mereka murni hanya karena adanya kesalahan dalam kesemrawutan DPT (bukan karena kepentingan politiknya, karena suara yang diperoleh kurang memuaskan), mengapa tidak dilakukan pengawasan penyelidikan dan membantu dalam perbaikan DPT sejak awal, sebelum pemilu di adakan?? kenapa protes dan tindakan mereka baru diungkapkan sekarang?? toh, ke-ambur-adulan-an DPT juga telah diketahui beberapa minggu sebelum pemilu dilaksanakan, kenapa baru bertindak setelah mereka mengetahui bahwa suara yang mereka kumpulkan tidak lebih besar dibanding pertai tertentu??? hal ini memperjelas bahwa tindakan mereka didasari oleh Egoisme Pribadi yang tidak bisa terima akan kekalahan partainya. mereka berharap dengan usahanya tersebut masyarakat menyepakati bahwa pemilu -yang memberikan suara terbanyak kepada satu partai yang tergolong muda ini- tidak sah karena adanya berbagai kecurangan. jika satu atau beberapa partai tidak bisa menerima kekalalan dengan fair maka tidak menutup kemungkinan fenomena seperti pilkada jawa timur akan terulang kembali.

tanggapan kedua, pengawasan atau penyelidikan terhadap DPT ambur-adul yang (akan) dilakukan oleh partai tertentu merupakan ‘ide bagus‘. dengan penyelidikan, pengawan dan verifikasi ulang terhadap DPT sekarang serta penindakan terhadap kecurangan-kecurangan yang terjadi sekarang bisa dijadikan pengalaman untuk pemilihan presiden mendatang tang lebih siap segalanya, DPT maupun logistik, demi demokrasi Indonesia yang progres normatif dan edukatif.

mohon komentarnya, baik terhadap tulisan, bahasa maupun esensinya,…. soalle lagi belajar nulissss …..

~~~tamu~~~

About IMT ( Ikatan Mahasiswa Tegal ) Ciputat

Organisasi independen mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa asal Tegal dan ada keterkaitan dengan Tegal yang menimba ilmu di daaerah ciputat dan sekitarnya agar menjadi wadah persatuan dan pengembangan dalam memajukan skill dan knowledge masing-masing mahasiswa sehingga menjadi pribadi yang bermanfaat baik untuk diri sendiri dan masyarakat Tegal sekitarnya.

Posted on 15 April 2009, in Tulisan Ikatan Mahasiswa Tegal (IMT) Ciputat and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: