Gara-gara kammu……….!!!

Tidak etis memang, jika dalam keadaan memperihatinkan kita mencari “kambing hitam” dari jebolnya situ gintung. Namun memang inilah kenyataannya, bahwa ada api dibalik kemepulnya asap disitu gintung. ketidak-seriusan pemerintah, ketidak-perdulian pemerintah, atau bahkan kerakusan pemerintah.

Ketida-seriusan pemerintah, dalam pengawasan dan perbaikan terhadap daerah resapan air~yang telah dibangun sejak zaman belanda. Ketidak-perdulian pemerintah, terhadap masyarakat yang tinggal dibawah situ ~yang menampung 1,5 juta meter kubik air~ jelas-jelas terancam jiwa dan harta mereka. Kerakusan pemerintah, yang seharusnya mengetahui dan mengatur tata ruang kota dengan benar dan aman, namun telah memberikan izin pemukiman dibawah situ yang menurut salah satu sumber telah menyapu 319 rumah dengan korban tewas mencapai 100 jiwa, korban luka 190 orang dan korban hilang 139 orang. sungguh ironis, mereka tega mensejahterakan kantongnya sementara rakyat kehilangan jiwa, sanak keluarga juga harta benda.

Harapan yang masih tumbuh dihati warga adalah mendapat bantuan semua pihak ~terutama pemerintah~ baik berupa spirit yang diharapkan bisa mengobati trauma dan depresi ~terlebih lagi bagi anak-anak~ yang telah kehilangan anggota keluarganya, maupun berupa materi untuk menumbuhkan kembali haraapan hidup mereka.

Disatu sisi, musibah jebolnya situ gintung ini bisa dijadikan ajang pentas berkampanye partai politik, memberikan bantuan untuk menarik simpati rakyat, namun apapun itu, yang terpenting adalah pertolongan bagi kesembuhan luka lahir dan batin korban. serta kesadaran, kepedulian, keperihatinan dan tindakan konkret pemerintah untuk memperbaiki infra struktur dan kondisi sosial-ekonomi masyarakat gintung khususnya dan rakyat indonesia umumnya. simpati, uluran tangan dan ketagasan jangan hanya sebagai retorika untuk “ngibulin” masyarakat, tetapi ketika telah terpilihpun mereka harus tetap melakukan pengabdian untuk kesejahteraan bersama (baca: rakyat indonesia)

~~~tamu~~~

About IMT ( Ikatan Mahasiswa Tegal ) Ciputat

Organisasi independen mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa asal Tegal dan ada keterkaitan dengan Tegal yang menimba ilmu di daaerah ciputat dan sekitarnya agar menjadi wadah persatuan dan pengembangan dalam memajukan skill dan knowledge masing-masing mahasiswa sehingga menjadi pribadi yang bermanfaat baik untuk diri sendiri dan masyarakat Tegal sekitarnya.

Posted on 2 April 2009, in Tulisan Ikatan Mahasiswa Tegal (IMT) Ciputat and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. aku sarankan pada semua partai dan calonnya (baik itu caleg maupun capres) yang datang ke lokasi, untuk segera menginstruksikan ke jajaran tim sukses mereka masing-masing guna melakukan pemetaan (mapping) suara lagi. jebolnya tanggu;l situ gintung sudah menewaskan seratus orang lebih, wah… pemetaan (itung-itungan) suara bakal buyar nih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: