Berbagi Rahasia Dengan Orang Lain

Setiap manusia pasti memiliki rahasia dalam hidupnya. Mereka kadang menyimpan rahasia dikarnakan berbagai alasan diantaranya katakutan, aib, dll. yang menyebabkan mereka merasa lebih baik menyimpannya sendiri.

Menyimpan rahasia amatlah sangat berat sehingga kita kerap kali merasa terbebani, kadang kita butuh seseorang untuk berbagi, bertukar pikiran atau transparasi masalah yang kita hadapi. Transparansi pribadi adalah keterbukaan wajar yang dilandasi keberanian untuk jujur terhadap diri sendiri dan orang lain.

Namun, berbagai pertanyaan kerap kali muncul dalam benak kita, sehingga akan membuat kita merasa takut atau bimbang kalau2 rahasia kita menjadi konsumsi umum, padahal ketakutan yang berlangsung lama menjadi beban psikis yang amat melelahkan bahkan menelumpuhkan. Tak heran jika orang yng digelayuti ketakutan antisipatoris itu akan tampil kaku, terkesan terlalu serius, gak nyante, kurang humor, dan sulit dimengerti orang lain.

Dengan hal2 yang ditimbulkan tadi itu akan membuat diri kita menjadi terasing, bahkan kita terkesan angkuh sehingga kurang disukai orang. ya memang sih, Terkadang tindakan kita membagi rahasia berbuah kepahitan. Dan hal ini lah yang membuat sebagian kita merasa takut bahkan merasa tidak perlu mengatakan rahasia kepada orlin. Namun ada juga yang merasa perlu membagi rahasia itu kepada orlin dengan tujuan mengurangi beban dan sharing mencari solusi.

Lalu persiapan apa yang diperlukan untuk berbagi rahasia??

Menurut Kathryn Lord, penulis tentang menjalin hubungan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengatakan sebuah rahasia kepada orang lain. Pertama, kita dalam posisi siap dan yakin memiliki kemampuan untuk mengatakan dan menjelaskan kisah kita tanpa takut. Saat mengatakan rahasia jelaskan dilema yang akan kita hadapi dan katakanlah apa yang ingin kita katakan. Kemudian jangan menunggu terlalu lama mungkin memang hal yang sulit pada awalnya.

Selain itu, Memilih orang yang tepat tentu akan membuat diri kita sedikit lebih tenang. Catatan dari orang yang kita pilih harus benar2 memiliki gambaran pribadi yang bisa dipercaya dan selalu tenang dalam menghadapi sebuah permasalahan, dan yang pasti lagi harus dekat dengan kita donk.

Jadi dapat disimpulkan bahwa musuh terbesar dalam diri kita adalah ketakutan. Termasuk untuk mengungkapkan sebuah rahasia yang ada pada diri kita. Nah, mulai sekarang saatnya kita membuang jauh perasaan takut untuk berbagi pada orlin tentang apa yang selalu kita rahasiakan.

About IMT ( Ikatan Mahasiswa Tegal ) Ciputat

Organisasi independen mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa asal Tegal dan ada keterkaitan dengan Tegal yang menimba ilmu di daaerah ciputat dan sekitarnya agar menjadi wadah persatuan dan pengembangan dalam memajukan skill dan knowledge masing-masing mahasiswa sehingga menjadi pribadi yang bermanfaat baik untuk diri sendiri dan masyarakat Tegal sekitarnya.

Posted on 16 Februari 2009, in 1 and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: